BELAJAR KUNCI /CHORD GITAR DASAR LENGKAP - STRUMMING/GENJRENGAN DASAR


STRUMMING/GENJRENGAN DASAR


Hai guys apa kabar hari ini,aku yakin pasti sudah makan semua kan?, ya memang sepele masalah makan tapi kalau belum makan nanti energi untuk belajarnya kurang. Hehe. Oke keremu lagi dengan aku, kali ini aku akan ngasih tau tahap lanjutan bermain 
gitar yang benar.

 strumming dasar




Kemarin kan kita udah membahas akord dasar, dan akord dasar lanjutan.. memang gak harus semuanya dipelajari secar membabi buta ya guys cukup semampu kalian karna memang semua wajib dipelajari tetapi tidak harus semua langsung bisa. Perlu tahapan agar kalian mengerti dulu dan hafal betul dengan akord – akordnya dahulu.. bagi yang belum baca postingan sebelumnya harap dibaca terlebih dahulu supaya mengerti. baca disini

Oke dipostingan aku kali ini aku akan membahas latihan setelah menguasai akord. Hehehe tahap ini lah yang lumayan sedikit agak sulit. Tapi gak sesulit mencari harta karun kok guys. Lalu latihan apa ne selanjunya?.. pasti ingin tau kan, nah latihan kali ini adalah belajar Strumming/Genjreng Gitar.

Kenapa kok dibilang strumming...?, mungkin kalian masih bingung dan asingya dengan istilah penyebutan “strumming” ini. Tapi ya lama kelamaan akan terbiasa kok mengucapkannya Lagian lebih keren kalau kita mengucapkannya dengan istilah strumming kan. Untuk penjelasan strumming bisa diihat dibawah ini :


Pengertian Strumming/genjreng Gitar


Strumming/Genjreng adalah “cara memainkan alat musik gesek Ulasan seperti gitar. Sebuah kejutan atau stroke adalah aksi sweeping di mana kuku atau sikat plectrum melewati beberapa string (senar gitar) untuk mengatur mereka semua menjadi gerak dan dengan demikian memainkan akord. Strumming dijalankan oleh tangan dominan, sementara tangan lainnya memegang bawah catatan pada fretboard. Atau pengertian gampangnya adalah “teknik memetik dua atau enam senar secara bersama-sama. Strumming atau teknik memetik ini bisa hanya dengan jari atau sebuah alat yang disebut pick atau plectrum atau plectron”.

Namun beberapa string dapat memetik satu. Memetik beberapa string secara simultan atau fingerpick membutuhkan teknik.Pola strumming dapat Diindikasikan melalui notasi, tablature, panah atas dan bawah, atau garis miring. Misalnya, pola umum di 4/4 waktu atau yang terdiri dari bolak bawah dan atas.

Nah itu tadi pengertiannya guys sekarang langsung aja belajar strummingnya ya.. langkah – langkahnya:


#1 KUASAI DULU TEKNIK DOWNSTROKE DAN UPSTROKE


Downstroke adalah “memetik gitar dengan cara memetik dari atas ke bawah (dari senar dengan angka besar ke senar yang lebih rendah nomor senarnya). Sementara upstroke adalah sebaliknya, memetik dari bawah ke atas. Biar lebih jelas, kita lihat gambar 
dibawah ini guys.


downstroke


upstroke


Untuk teknik ini kalian bisa pakai salah satu atau kedua-duanya akan lebih baik jika biasa menggunakan keduanya.. saya sendiri biasa menggunakan downstroke untuk gitaran, tapi teknik upstrokenya pun saya menguasai..


# 2 LATIHANLAH MENGGUNAKAN METRONOME/ MENDENGARKAN MUSIK TERTENTU YANG KAMU SUKAI UNTUK BELAJAR TEMPONYA

Ada yang belum tau metronome ya.. ok kalau belum tau , metronome itu semacam pengatur tempo. aplikasinya untuk smartphone juga sudah ada kok. Bisa download di

google play atau

versi apknya

dengan begitu bisa lebih gampang mengatur tempo. Karena akan sulit bagi pemula untuk memahami dan mengenali tempo lagu walaupun bisa dibilang hal sepele..

atau kalian bisa coba latihannya dengan mendengarkan lagu agar lebih cepat mengerti dan sekaligus hafal dengan kunci saat mendengarkannya. Jangan remehkan lagu sepele yang mungkin bagi kalian cupu tapi berperan besar dalam penyumbang skill bermain gitar yang ok punya. hehe ok deh aku kasih tau ya apa saja  lagunya, ini dia :

kuburan – lupa lupa ingat

peterpan – diatas normal

nah 2 lagu itu aku rasa dengan tingkat kemudahan yang “low” tapi bisa menghasilkan skill yang “wow” guys.. hehe
Nah itu tadi teknik strumming gitarnya ya guys memang sebenarnya belum terlalu detil aku menjelaskannya tapi dari modal lagu diatas kita bisa selangkah lebih cepat belajar. Oya untuk referensi lagu populer dengan kunci yang gampang lainnya bisa browsing di google ya guys.

Untuk penyemangat kalian belajar aku kasih tips deh, tipsnya :

“Asalkan latihan terus – menerus diwaktu luang, kalian akan mempercepat 5 – 10% waktu belajar kalian. Dan supaya percepatan persentasenya sampai 10 – 20%, ciptakanlah waktu luangmu sendiri”. 

Hem kata kata penyemangat yang aneh.. haha.  oke guys sampai segitu aja postingan kali ini, semoga bermanfaat dan mendongkrak  keinginan kalian dalam belajar. Jangan lupa KEEP LEARNING, AND MAKE IT HAPPEN.



Related Posts:

0 Response to "BELAJAR KUNCI /CHORD GITAR DASAR LENGKAP - STRUMMING/GENJRENGAN DASAR"

Posting Komentar